15 Tips & Cara Mengatur Dapur Kecil Yang Bisa Anda Lakukan

cara mengatur dapur kecil

Cara Mengatur Dapur Kecil – Berbagai ukuran dapur tentunya tidak menjadi masalah bagi Anda. Hal ini dikarenakan berapapun ukuran dapur tentunya menjadi ukuran yang harus Anda pertimbangkan dan Anda buat. Bagi Anda yang memiliki dapur kecil tentunya terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan dapur Anda. Biarpun kecil, namun dapat dipastikan bahwa semua barang yang Anda perlukan untuk dapur. Berikut ini ada beberapa tips dan juga cara mengatur dapur kecil yang dapat Anda jadikan referensi!

Seperti yang kita tahu bahwa dapur menjadi salah satu ruangan terpenting yang ada di dalam rumah. Tidak heran jika banyak orang yang menginginkan dapur dengan berbagai ukuran baik besar ataupun kecil. Mungkin banyak dari kita yang menginginkan dapur berukuran yang besar. Namun tidak semua orang bisa memiliki dapur berukuran yang besar untuk mempersiapkan makanan. Tentunya, banyak orang yang menginginkan dapur menjadi tempat yang nyaman baik untuk masak dan juga makan.

Bagaimanapun juga, dapur memang harus dibuat senyaman dan juga semenarik mungkin agar keluarga dapat lebih nyaman tinggal di dalamnya . Tentu saja kita membutuhkan ruang yang cukup untuk menyimpan berbagai peralatan dapur. Namun, bagaimana jika ukuran dapur yang kita miliki cukup kecil. Tentu, hal tersebut tidak menjadi masalah karena banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk membuat dapur menjadi lebih besar. Seperti beberapa tips dan cara mengatur dapur kecil di bawah ini yang patut Anda coba. Baca juga: 30+ Model Pagar Batu Alam Dengan Kombinasi Besi Dengan Motif Yang Sempurna

Cara Mengatur Dapur Kecil

Bagi Anda yang memiliki dapur berukuran kecil tentu tidak menjadi masalah. Hal ini dikarenakan dapur berukuran kecil memiliki tampilan yang lebih unik dan juga menarik. Dengan memiliki dapur berukuran kecil tentunya Anda bisa sebisa mungkin mengatur perabotan agar terlihat lebih rapi dan juga muat dengan baik. Dapur yang berukuran besar tentunya memungkinkan bagi Anda untuk menyimpan berbagai peralatan dapur Anda.

Terlepas dari hal tersebut tentunya bagi Anda yang memiliki dapur berukuran kecil disarankan untuk mengatur dapur tersebut menjadi lebih rapi. Tidak dapat dipungkiri bahwa dapur membutuhkan ruangan untuk menyimpan berbagai bahan makanan dan juga peralatan dapur. Nah, bagi Anda yang menginginkan dapar terlihat lebih besar, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yakni dengan melakukan beberapa cara mengatur dapur kecil seperti yang akan kami sajikan di bawah ini!

Lihat juga: 21 Inspirasi Desain Kamar Tidur Untuk Remaja Terbaru Untuk Anda

Peralatan Dapur Senantiasa Bersih & Rapi

cara mengatur dapur kecil

Tips dan cara pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan selalu menjaga dapur tetap bersih dan juga rapi. Anda tentunya dapat mengawali hari Anda dengan dapur dan juga gadget. Beberapa bagian penting yang harus selalu terlihat bersih diantaranya dishwasher, wastafel dan juga rak piring. Tentunya, sangat sampai Anda meninggalkan piring ataupun gelas kotor yang menumpuk di di atas wastafel. Selain itu, piring yang sudah bersih harap di simpan pada rak sehingga tidak ada piring yang sudah di cuci di atas counter dapur. Dengan memperhatikan kebersihan peralatan dapur tentunya Anda akan sedikitnya mendapati keadaan dapur yang selalu bersih dan juga sederhana di keesokan harinya. Alhasil, dapur ataupun counter yang kecil akan terlihat lebih luas jiak tidak terdapat berbagai perabot di atasnya.

Manfaatkan Setiap Sudut Ruangan Dapur

cara mengatur dapur kecil

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni senantiasa cermat dan juga cerdas memanfaatkan setiap sudut yang ada di dapur. Bagaimanapun juga, setiap sudut yang ada di dapur memiliki peran yang penting jika kita dengan cerdas memanfaatkannya. Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas yakni sebuah dapur yang berukuran cukup kecil. Meskipun terlihat kecil, namun dapur tersebut tetap mengakomodasi setiap peralatan dapur yang kita butuhkan. Bagi Anda yang secara kebetulan sama memiliki ukuran dapur seperti itu, maka alangkah baiknya Anda untuk membuat sebuah rak yang dipasang di dinding. Rak yang ditempel di dinding tersebut dapat Anda gunakan untuk menyimpan gelas, piring dan juga mangkuk.

Di samping membuat rak piring, tentunya Anda juga dapat memanfaatkan space lain seperti di bawah meja makan. Anda tentunya dapat menyimpan rak kecil sebagai tempat untuk menyimpan peralatan dapur lain. Bagi Anda yang memungkinkan untuk membuat sebuah kitchen set, tentunya Anda dapat menyimpan beberapa peralatan dapur yang berukuran besar seperti panci, baskom, wajan, dan peralatan lainnya. Dengan demikian, Anda dapat membuat ukuran dapur Anda terlihat lebih luas dan juga lapang.

Memilih Rak Perabotan Sesuai Ukuran

cara mengatur dapur kecil

Bagi Anda yang memiliki ukuran dapur yang kecil tentunya Anda disarankan untuk memilih perabotan sesuai dengan ukuran yang tersedia. Seperti misalnya, Anda ingin memasang kitchen sets, maka hal pertama yang harus Anda lakukan yakni mengukur terlebih dahulu space yang tersedia. Anda juga dapat memesan ukuran kitchen sets, lemari dan juga rak sesuai space yang tersedia. Istilah tersebut tentunya dikenal dengan sebutan custom furniture. Untuk perabotan yang dirancang sesuai dengan ukuran , tentunya akan membuat Anda memaksimalkan setiap sudut yang ada di ruangan tersebut. Perlu Anda ingat bahwa dapur kecil juga akan membuat tampilan menjadi rapi dan menarik dan tidak memerlukan anggaran yang cukup banyak. Hal ini tentunya tergantung dari kita yang pintar untuk memanfaatkan space tersebut.

Sediakan Space Khusus Untuk Mesin Cuci

cara mengatur dapur kecil

Umumnya, banyak orang yang memilih untuk menyimpan mesin cuci di ruangan dapur. Namun pada kenyataannya jika kita menyimpan mesin cuci di dapur, maka akan membuat ruangan dapur terlihat lebih kecil dan juga sesak. Makad ari itulah, Anda disarankan untuk menyediakan space khusus untuk mesin cuci. Seperti misalnya space di bawah counter dapur ataupun di samping kulkas. Bagi Anda yang secara kebetulan memiliki mesin cuci berjenis front loading, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk menyimpannya di bawah counter dapur. Hal ini agar perabotan Anda terlihat lebih rapi dan juga bersih. Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan akan tempat untuk mengeringkan baju. Perhatikan pula penempatan lemari es agar tidak terlihat sesak.

Maksimalkan Dinding Dapur Anda

cara mengatur dapur kecil

Dinding dapur tentunya menjadi space yang sangat berharga bagi Anda yang memiliki dapur berukuran kecil. Pada umumnya, luas pada dapur yang kecil akan sama dengan luas pada ukuran dapur yang besar. Kondisi ini tentunya akan membuat kita tidak terlalu sulit untuk memanfaatkan space tersebut. Anda tentunya dapat memanfaatkan dinding dapur Anda untuk menggunakan lemari yang berukuran besar sehingga dapat mencapai atap dapur Anda. Anda tentunya dapat menyimpan sebuah lemari yang berukuran kecil, namun tinggi sehingga Anda dapat memanfaatkan bagian dinding lain untuk menyimpan berbagai perabotan dapur yang Anda butuhkan.

Bagaimanapun juga, sedikit celah yang ada di atas lemari dapat Anda manfaatkan sebagai ruang untuk bernafas demi mencegah ruangan yang cukup sempit. Anda tentunya dapat menyimpan barang-barang dapur yang cukup jarang digunakan pada bagian atas laci agar lemari tersebut dapat terlihat lebih mulus dan juga ramping sehingga tidak mendominasi ruangan dapur Anda.

Pilihlah Furniture Yang Efisien

cara mengatur dapur kecil

Bagi Anda yang memiliki ukuran dapur yang kecil tentunya Anda diharuskan untuk menahan keinginan Anda memiliki perabotan dengan ukuran yang besar. Hal ini dikarenakan furniture yang besar akan menghabiskan banyak space sehingga akan membuat dapur Anda terlihat lebih penuh dan juga sesak. Untuk itu, bagi Anda yang kebetulan memiliki dapur berukuran kecil, maka sebaiknya pilihlah furniture yang efisien untuk ditempatkan di ruangan dapur Anda. Dengan menggunakan furniture dengan tampilan yang minimalis dan juga maksimal, maka akan memberikan space yang cukup luas serta pencahayaan yang maksimal.

Gunakan Furniture Yang Multifungsi

cara mengatur dapur kecil

Untuk dapur yang berukuran kecil tentunya kita diharuskan untuk pintar dalam mengatur berbagai peralatan dan juga perabotan. Tidak heran jika banyak orang yang memiliki dapur berukuran kecil akan lebih memilih untuk menggunakan furniture yang multifungsi. Seperti misalnya lemari panjang yang disertai dengan tempat untuk menyimpan oven. Selain itu, Anda dapat menyediakan space untuk kompor dan juga tempat cuci di tempat yang sama. Hal ini tentunya bertujuan agar tampilan furniture tidak terlalu berantakan.

Pilihlan Gantungan Yang Unik

cara mengatur dapur kecil

Gantungan di sini tentunya memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai perabotan. Jika Anda tidak memungkinkan untuk memiliki sebuah kitchen set lengkap dengan tempat penyimpanan. Maka, ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan yakni dengan memilih bentuk gantungan yang unik. Gantungan yang unik di sini tentunya dapat Anda gunakan untuk menggantung gelas, pisau, panci, pisau dan juga cangkir. Cara ini tentunya cukup efektif bagi Anda untuk mengatur space di counter dapur Anda. Selain itu, Anda dapat dengan mudah meraih perabotan yang Anda butuhkan.

Tips & Trik Menata Dapur Agar Terlihat Rapi

Selain melakukan beberapa cara seperti yang bisa Anda lakukan di atas tentunya Anda juga dapat melakukan beberapa tips dan trik agar dapur Anda terlihat lebih besar. Meskipun dapur terlihat besar, namun Anda tidak pintar dalam menggunakan tips dan trik tertentu. Maka dapat dipastikan dapur yang terlihat besar akan terkesan sempit dan juga sesak. Untuk itu, bagi Anda yang menginginkan dapur terlihat lebih besar dan juga lapang, tentunya Anda dapat melakukan beberapa tips dan trik di bawah ini!

Selalu Bersihkan Perabotan

Salah satu andalan yang bisa Anda lakukan ialah dengan membersihkan perabotan agar terlihat lebih rapi dan juga bersih. Penting bagi Anda untuk selalu membersihkan perabotan pada sela-sela atau setelah selesai melakukan pekerjaan di dapur. Seperti misalnya Anda diharuskan untuk membuang kulit bawang setelah Anda mengirisnya. Meskipun simpel, akan tetapi kebiasaan ini cukup sulit untuk dilakukan.

Rawatlah Alat Masak Anda

Bagi ibu rumah tangga tentunya merawat alat masak memang menjadi aktivitas penting yang tidak boleh diabaikan. Jangan sampai perabotan penghuni dapur yang Anda miliki kotor dan juga tidak terawat. Anda tentunya dapat merawat panci dan juga kuali untuk digosok agar tidak terlihat hitam dan gosong seperti terbakar. Perangkat masak tersebut yakni kuali, panci dan juga pot masak. Tidak dapat dipungkiri bahwa perangkat masak yang dapat Anda rawat akan terlihat mengkilat sehingga dapat berfungsi dengan sempurna. Biasanya, dapur yang simpel dan juga sederhana akan semakin mulus dengan melakukan perawatan minimal 1 kali dalam sebulan. Waktu ini tentunya harus Anda rutinkan dengan sebaik-baiknya.

Selalu Siapkan Senjata Bersih-Bersih

Dapur yang bersih tentunya diawali dengan alat bersih-bersih yang lengkap pula. Untuk itu, bagi Anda yang menginginkan dapur tetap bersih, maka harus melengkapi peralatan bersih-bersih Anda. Siapkan senjata yang akan Anda gunakan untuk bersih-bersih seperti lap pel, berbagai jenis dan ukuran sikat, sponge dan juga alat bersih lainnya. Simpan alat bersih tersebut dengan rapi agar dapat dijangkau dengan mudah.

Namun, Anda harus benar-benar jeli saat memilih berbagai jenis alat bersih-bersih. Pada umumnya, banyak ibu rumah tangga yang memilih alat bersih-bersih yang bagus dan berkualitas karena akan digunakan pada waktu yang cukup lama. Anda tentunya jangan lupa untuk menyimpan alat bersih tersebut pada bagian bawah rak dan wastafel. Hal ini tentunya akan membuat dapur Anda menjadi lebih rapi dan juga tertata dengan baik.

Bersihkan Dekorasi Dapur

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan membersihkan dekorasi dapur. Hal ini dikarenakan dapur yang rapi dan juga sederhana akan semakin cantik jika didekor dengan sempurna. Seperti misalnya gantungan gelas dan juga papan pemotong. Tidak dapat dipungkiri bahwa pernak-pernik akan terkena debu, minyak dan juga kotoran apapun. Maka dari itu, Anda bisa membersihkan secara rutin agar tampilan dekorasi Anda tetap cantik.

Permukaan Meja Harus Bersih

Pastikan Anda untuk selalu menjaga meja dapur tetap dalam keadaan bersih. Anda tentunya harus rajin untuk selalu membersihkan dengan benar dan juga seksama. Jangan terlalu menyimpan banyak dekorasi yang tidak terlalu penting pada permukaan meja dapur Anda. Bagaimanapun juga, dapur yang rapi dan juga sederhana akan terasa lebih luas, lapang dan juga lenggang. Anda tentunya dapat membersihkan permukaan meja agar terlihat lebih adem dengan pernak-pernik yang tetap terjaga.

Tempatkan Keranjang Sampah Berukuran Besar

Tempat sampah memang sangat bermanfaat untuk membuang sampah dan juga limbah lainnya. Dapur sederhana dan juga rapi pastinya sudah dilengkapi dengan tempat sampah dengan ukuran yang lebih besar. Hal ini bertujuan agar tidak terlalu sampah yang menumpuk di dapur sehingga dapat tertampung di dalam tempat sampah. Alangkah baiknya bagi Anda untuk memilih tempat sampah yang sudah dilengkapi dengan penutup sehingga bau yang tidak sedap tidak dapat tercium.

Biasakan Untuk Mencuci Wastafel

Setelah Anda melakukan pekerjaan di dapur tentunya Anda harus membiasakan diri untuk selalu menjaga kebersihan dapur. Anda tentunya harus selalu menyikat dan juga mencuci wastafel untuk membuang minyak, debu dan juga kotoran. Membersihkan wastafel tentunya sangat mudah bagi Anda sebagai cara sederhana untuk membersihkan wastafel. Anda juga harus memperhatikan dan juga mempertahankan kebersihan. Cara yang dapat Anda lakukan tentunya dengan menggosokkan sikat khusus untuk wastafel, lalu gosokkan seluruh wastafel tersebut dengan menggunakan sabun pencuci piring. Setelah dibilas tentunya Anda jangan lupa untuk mengelap kotoran pada bagian pinggir meja wastafel.

Mengatur perabotan pada dapur kecil serta menjaga kebersihannya menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Jangan sampai Anda melupakan kebiasaan sepele ini karena kebersihan dapur menjadi hal yang utama. Itulah beberapa cara mengatur dapur kecil dan trik agar dapur terlihat lebih luas. Semoga bermanfaat!

 

Artikel Terkait

Nina

Nina

Author at Polarumah.com
Penulis merupakan salah satu lulusan terbaik tahun 2014 dari Sekolah Tinggi Bahasa Asing Sebelas April Sumedang dengan Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris. Pernah bekerja sebagai pengajar di Green House Learning Center & LKP Prestatif. Sangat tertarik di dunia menulis, salah satunya di bidang desain dan DIY rumah, yang awalnya iseng-iseng dibagikan di media sosial. Ibu rumah tangga ini sangat gemar mendekorasi rumahnya dengan karya-karya desain interior pribdinya (DIY).
Nina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *