Penerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih Elegan

Penerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih Elegan

Penerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih Elegan – Memperhatikan dengan baik penerapan konsep desain interior dalam sebuah rumah menjadi hal penting yang harus diperhatikan dengan baik. Seperti salah satunya adalah desain interior skandinavia dengan konsep kesederhanaan namun mewah serta anggun. Sehingga akan cocok untuk masyarakat modern seperti anda saat ini. Simak penerapan desain interior skandinavia untuk ruangan yang lebih elegan dibawah ini.

Kata Skandinavia tidak lagi hanya digunakan untuk menyebut negara-negara yang terletak di Eropa Utara saja. Namun kini, kata ini lebih sering didengar dan disebut terkait dengan desain interior yang banyak digunakan. Bahkan penerapan desain interior skandinavia tidak hanya berlaku untuk masyarakat di negara-negara Swedia, Norwegia dan Denmark saja.

Nyatanya banyak orang yang tertarik menerapkan konsep serupa untuk diaplikasikan diruangan rumahnya. Termasuk negara-negara seperti Indonesia salah satunya. Hal ini dikarenakan penerapan desain interior skandinavia memang cocok untuk berbagai iklim.

Simple namun anggun adalah kesan dan ciri khas utama dari penerapan desain interior skandinavia. Namun demikian, meski terkesan sederhana, namun kesederhanaan inilah yang membuat desain interior bergaya skandinavia mampu menarik banyak minat orang untuk menerapkan model yang sama didalam ruangan rumahnya. Baca juga: Inspirasi Gambar Rumah Sederhana di Kampung dan Desa yang Menarik 

Menurut para pakar dari IKEA, penerapan unsur desain Skandinavia pada dasarnya memperhatikan 6 prinsip yang penting. Dimana tentunya prinsip inilah yang akan mampu membedakan desain interior skandinavia dengan desain interior rumah lainnya. Diantaranyanya adalah mari kita simak dibawah ini:

  • Multifungsi didalam sebuah ruangan
  • Unsur alam yang sejuk
  • Pencahayaan yang tepat
  • Unsur Humanistik
  • Inovasi yang penting sebagai ciri khas yang utama
  • Pemberian warna yang menarik

Prinsip-prinsip diatas tal lain lahir dari latar belakang masyarakat dan kondisi alam di wilayah Skandinavia. Keterbatasan sumber daya alam untuk pembangunan rumah dan penggunaan properti menuntut masyarakat berpikir keras untuk hal yang satu ini. Mereka dituntut untuk dapat memanfaatkan sumber daya alam sebijak mungkin.

Karena itulah, furnitur yang digunakan pada rumah yang mengusung desain interior skandinavia umumnya bergaya sederhana. Selain itu, peralatan yang digunakan akan cenderung multifungsi atau bisa digunakan beberapa manfaat dari satu peralatan yang sama. Bukan hanya itu, inovasi yang tinggi dibutuhkan dalam menghadirkan desain interior ini didalam rumah.

Nah, untuk anda yang juga ingin menghadirkan desain interior skandinavia untuk ruangan didalam rumah. Maka tak perlu khawatir berikut ini kami berikan beberapa informasi menariknya untuk anda. Penasaran seperti apa? Simak berikut ini beberapa informasinya.

Penerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih Elegan

Selain beberapa pemerhatian dalam menghadirkan desain interior skandinavia. Adapula beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan dengan baik. Hal ini tentu dilakukan untuk menghadirkan kesan yang indah dan khas dari desain interior yang satu ini.

Musim dingin yang gelap dan panjang akan senantiasa mempengaruhi desain interior dari gaya skandinavia. Cahaya matahari yang hanya diperoleh pada saat musim panas akan sangat dimanfaatkan betul oleh masyarakat di wilayah Skandinavia.

Hal ini membuat desain interior ini terbuka lebar . Yang mana hal ini pun mempengaruhi penataan cahaya alami yang betul-betul dikuasai oleh masyarakat Skandinavia. Jadi demikian untuk anda yang ingin menghadirkan desain interior yang sama. Maka penting sekali menerapkan konsep rumah terbuka agar cahaya masuk kedalam rumah dengan mudah.

Desain Interior Skandinavia Ruang Tamu

Penerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih Elegan

Memberikan sentuhan desain interior pada ruang tamu dengan desain skandinavia bisa menjadi tantangan tersendiri. Hal ini dikarenakan umumnya, desain interior yang satu ini seringkali memanfaatkan pencahayaan yang alami kedalam ruangan.

Jadi demikian, upayakan memilih konsep ruang tamu yang terbuka. Misalnya anda dapat menerapkan banyak jendela didalam rumah. Hal ini tentu dilakukan agar cahaya bisa dengan mudah masuk kedalam rumah.
Sementara itu, manfaat lain dari memanfaatkan cahaya alami dari cahaya matahari akan lebih ramah lingkungan.

Hal ini pun selain menghemat energi juga menghemat pengeluaran biaya untuk membayar listrik yang anda gunakan setiap hari.

Penerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih Elegan

Apalagi Indonesia adalah negara tropis dimana hanya terdapat dua musim didalamnya. Jadi demikian, akan lebih mudah untuk anda memanfaatkan cahaya matahari sebagai pencahayaan alami didalam rumah.

Desain Interior Skandinavia Kamar Tidur

Penerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih EleganPenerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih Elegan

Gaya skandinavia selalu identik dengan warna putih yang alami. Karenanya, untuk anda yang memilih menerapkan konsep yang sama didalam ruangan maka tidak ada salahnya menyeragamkan pemilihan warna cat dinding didalam kamar anda. Selain warna putih yang bersih, luas dan lapang didalam kamar pun akan cocok untuk anda kombinasikan dengan warna-warna lainnya.

Penerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih Elegan

Misalkan pemilihan warna yang lebih lembut seperti warna-warna pastel atau warna lain yang lebih terang. Bukan hanya itu, penggunaan peralatan didalam kamar umumnya tidak terlalu banyak. Hal ini dilakukan demi menciptakan kesan ruangan yang nyaman.

Desain Interior Skandinavia Dapur

Penerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih Elegan

Jika anda ingin mendesain dapur dengan gaya skandinavia maka penting sekali menerapkan aksen kayu pada ruangan ini. Selain itu, perhatikan pula pemilihan furnitur dengan baik. Usahakan untuk tidak memenuhi dapur anda dengan peralatan yang terlalu banyak atau penuh.

Penerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih Elegan

Sebaliknya, desain interior skandinavia untuk rumah idaman akan lebih cocok diberikan peralatan yang simple dan sederhana. Dengan begini rumah idaman minimalis atau rumah idaman sederhana anda akan nampak lebih indah dan nyaman.

Desain Interior Skandinavia Kamar Mandi

Penerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih Elegan

Kamar mandi dengan desain interior skandinavia selalu erat dan kental dengan paduan warna putih atau warna-warna lembut lainnya. Selain itu, didalam kamar mandi umumnya tidak terlalu banyak peralatan berukuran besar. Termasuk dengan penggunaan bathtub atau peralatan mandi yang lain. Selalu ada space yang cukup untuk anda bisa meletakan peralatan lain didalam kamar mandi anda.

Penerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih Elegan

Selain itu, menerapkan konsep terbuka pada kamar mandi pribadi akan menjadi cirri khas dari desain interior yang satu ini. Hanya saja, tentunya untuk anda yang ingin membangun kamar mandi seperti ini. Maka sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan anda dan tata letak kamar mandi sebaiknya diperhatikan dengan baik.

Desain Interior Skandinavia Ruang Keluarga

Penerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih Elegan

Ruang keluarga dengan desain interior skandinavia selalu identik dengan kehangatan dan luas yang nyaman. Penerapan peralatan bergaya minimalis yang sederhana namun terkesan indah dan menarik akan sangat dibutuhkan untuk model yang satu ini. Jadi demikian, untuk anda yang hendak menata ruang keluarga dengan gaya interior skandinavia maka penting sekali menerapkan peralatan yang nyaman namun tidak terlalu besar dan banyak.

Penerapan Desain Interior Skandinavia Untuk Ruangan yang Lebih Elegan

Pastikan anda mendapatkan space yang cukup untuk bisa bermain dan beraktivitas dengan keluarga diruangan ini dengan mudah. Selain itu, pertimbangkan pula penggunaan peralatan yang mudah pecah diruangan ini saat anda memiliki balita atau anak-anak yang masih kecil.

Itulah dia beberapa model desain interior skandinavia untuk percantik ruangan rumah anda menjadi semakin elegan. Semoga beberapa informasi diatas akan dapat diaplikasikan dengan mudah dan sederhana dirumah.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *