18+ Desain Ruang Keluarga Kecil Dengan Ukuran 2×3

desain ruang keluarga kecil

Desain Ruang Keluarga Kecil- Berbicara tentang ruang keluarga, memang tidak ada batasan akan topik yang pasti untuk menjelaskan apapun yang mengacu pada ruang tersebut. Bagaimanapun juga, ruang keluarga dapat disebut sebagai tempat yang paling penting bagi banyak orang yang tentu tidak ada tandingannya dengan tempat  lainnya. Hal ini dikarenakan ruang ini menjadi ruangan tempat berkumpulnya anggota keluarga. Lantas, bagaimana jika ruang keluarga tersebut tidak memadai, berikut kami sajikan desain  ruang keluarga kecil dengan ukuran 2x3m!

Memiliki rumah idaman pastinya di dukung pula oleh bagian-bagian rumah yang menghadirkan desain unik dan menarik yang tentu bisa membuat pemilik rumah nyaman. Salah satu dari bagian rumah yang harus didesain semenarik mungkin adalah  ruang keluarga. Seperti yang kita tahu bahwa ruang keluarga dapat diibaratkan sebagai hatinya rumah dimana ruangan ini terletak ditengah dan menjadi salah satu tempat untuk berkumpul dengan anggora keluarga lainnya. Hal ini tidak heran  jika ruang keluarga memang sangat penting jika dibandingkan dengan ruangan lainnya didalam rumah.

Ruang keluarga tentunya hadir dengan berbagai pilihan ukuran yang dapat Anda pilih sesuai dengan ukuran dan lahan di rumah Anda. Jika Anda memiliki rumah minimalis pastinya Anda juga menciptakan  ruang keluarga yang minimalis pula. Pada umumnya rumah minimalis menghadirkan  ruang keluarga dengan ukuran 2×3 yang berarti  2 meter kali 3 meter. Dengan ukuran sebesar ini, Anda tentunya dapat menghemat lahan rumah Anda yang dapat dibangun untuk membuat ruangan lainnya di dalam rumah.

Desain Ruang Keluarga Kecil Dengan Ukuran 2×3

desain ruang keluarga kecil

Desain ruang keluarga kecil dengan ukuran 2×3 merupakan ukuran yang bisa dibilang cukup sempit. Untuk itu, Anda harus menata  ruang keluarga serapi mungkin agar bisa menempatkan furniture dan juga peralatan yang dibutuhkan di  ruang keluarga sebisa mungkin seperti kursi tamu, meja, hiasan, dan aksesoris lainnya. Maka dari itu, kami sajikan beberapa desain ruang keluarga kecil dengan ukuran 2×3 yang tentu bisa Anda jadikan referensi dalam membuat ruang keluarga. Baca juga: 10+ Model & Desain Rumah Serba Doraemon Yang Menarik Untuk Rumah Anda

Bagaimanapun juga, ruang keluarga memang menjadi salah satu ruangan yang penting di dalam sebuah rumah. Dalam membuat sebuah ruang keluarga dengan tipe minimalis, tentunya dibutuhkan ukuran yang minimalis pula. Hal ini tentunya berbagai pertimbangan harus Anda lakukan mengingat ruang keluarga minimalis mengacu pada ukuran yang cukup kecil pula. Apakah saat ini Anda sedang berencana untuk membuat  ruang keluarga  kecil agar terlihat lebih menarik dan juga besar? Untuk mewujudkan impian Anda, yuk, kita lihat beberapa desain  ruang keluarga berikut ini!

Gambar Desain Ruang Keluarga Kecil

desain ruang keluarga kecil

Memiliki  ruang keluarga yang kecil namun lengkap dengan berbagai ornamen dan perlengkapan yang menarik bukanlah sesuatu yang sulit saat ini. Pada desain ruang keluarga kecil yang pertama, dengan ukuran ruang keluarga yang minimalis tentunya tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk memiliki sebuah ruang keluarga dengan ukuran 2×3. Untuk membuat ruang keluarga ini tentunya Anda juga bisa menyediakan space sebagai tempat kerj. Hanya dengan menempatkan sebuah meja kerja tentunya Anda bisa membuar ruang keluarga ini tampak lebih menarik. Anda dapat juga menyediakan space untuk ruang keluarga ini tepat khusus dengan disekat dengan tembok ataupun tangga.

desain ruang keluarga kecil

Desain ruang keluarga kecil yang selanjutnya tentunya memiliki desain yang simpel, namun akan membuat siapa saja yang menempati ruang ini merasakan kenyamanan. Dengan menyimpan sebuah kursi tunggal di salah satu sudut di ruang keluarga Anda tentunya Anda sudah bisa memiliki ruang keluarga yang kecil. Desain  ruang keluarga minimalis ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang memiliki lahan yang terbatas. Bagaimana jika desain  ruang keluarga ini hadir di rumah Anda? Pastinya, Anda akan lebih nyaman ketika berkumpul dengan keluarga Anda ketika sedang menonton tv. Lihat juga: 16+ Model Plafon Klasik Ruang Tamu Yang Dapat Anda Pilih

desain ruang keluarga kecil

Ruang keluarga kecil tentunya bisa Anda dapatkan dimanapun, termasuk di bawah tangga sekalipun. Seperti yang dapat dilihat pada contoh gambar di atas sebuah ruang keluarga yang berada di bawah tangga. Hal ini tentunya bisa membuka space sehingga ruang keluarga tampak lebih besar. Jika Anda hobi menonton acara televisi tentunya Anda bisa menempatkan rak tv tepat di salah satu bidang di ruang keluarga Anda.  Untuk  menempatkan rak buku mungil di  ruang keluarga juga dpat dikatakan sebagai ide yang sangat cerdas. Rumah minimalis hadir dengan ukuran yang mini pula, dengan meletakan rak hiasan gantung di ruang keluarga, maka Anda dapat menghemat space di rumah Anda.

Gambar Desain Ruang Keluarga Kecil

desain ruang keluarga kecil

Untuk membuat  ruang keluarga Anda lebih luas dengan perabotan yang cukup lengkap, tempatkanlah sofa yang mengelilingi meja sehingga ruang keluarga tampak lebih rapi. Untuk lebih dekoratif, Anda juga dapat menyimpan hiasan ataupun lukisan di dinding di ruang keluarga Anda yang diletakkan berdampingan atau menempelkan foto keluarga sebagai pemisah. Jangan lupa untuk mengatur penempatan kursi yang lebih rapi agar ruang keluarga Anda tampak lebih besar.

desain ruang keluarga kecil

Sofa tentunya memiliki peranan penting untuk mendukung aktivitas kita terutama didalam rumah. Kita bisa mendapatkan keadaan senyaman mungkin ketika melakukan kegiatan diatas kursi seperti menonton TV, membaca buku, ataupun tiduran. Menempatkan kursi di ruang keluarga umum dilakukan oleh para pemilik rumah. Bagaimana jika  ruang keluarga yang Anda miliki cukup sempit? Nah, dengan meletakan sebagian kursi atau kursi kecil di ruang keluarga, Anda akan sangat menghemat space di ruang keluarga Anda.

desain ruang keluarga kecil

Lebih cerdas lagi, Anda dapat memasang TV yang langsung ditempelkan pada dinding yang sedang populer akhir-akhir ini dengan menggunakan peralatan khusus (wall-mounted installation). Atau Anda juga bisa memilih rak yang tentu dipasang di dinding sehingga Anda bisa menyediakan space untuk menyimpan TV sekaligus hiasan. Selain itu, Anda dapat menghadirkan TV tanpa rak yang dapat menghemat  ruang keluarga Anda. Ruang keluarga ini juga bisa Anda hadirkan di bawah tangga yang tentu bisa Anda jadikan sebagai tempat berkumpul dengan keluarga.

Gambar Desain Ruang Keluarga Kecil

desain ruang keluarga kecil

Ruang keluarga yang sempit tentunya mengharuskan kita untuk memilih dan memilah perabotan rumah yang sekiranya cocok untuk diletakan di ruang tersebut. Kehadiran kursi di  ruang keluarga memang sangat penting adanya. Dengan adanya sofa yang nyaman, Anda dapat menarik perhatian semua anggota keluarga untuk berkumpul di ruang keluarga tersebut. Jika Anda memiliki  ruang keluarga minimalis, hal ini mungkin terasa sulit bagi Anda. Tetapi dengan memilih kursi sudut yang terbilang kecil dan mungil, Anda sudah dapat memperluas  ruang keluarga Anda.

desain ruang keluarga kecil

Meskipun memilih sofa dengan ukuran kecil, tetapi seyogianya Anda dapat menjamu tamu Anda dengan baik. Nuansa  ruang keluarga Anda akan lebih menarik jika Anda memasang rak dinding gantung yang digunakan untuk menyimpan berbagai pajangan dan hiasan. Jadi, Anda bisa menghadirkan  ruang keluarga yang lebih menarik tanpa harus menempatkan rak atau penyimpanan yang besar sehingga dapat menyempitkan ruang keluarga.

desain ruang keluarga kecil

Jika Anda memiliki  ruang keluarga yang sempit, pastinya Anda ingin membuat  ruang keluarga Anda lebih luas. Pada desain ini, Anda akan melihat secara langsung bagaimana wallpaper dan dinding kaca berperan dalam menciptakan  ruang keluarga Anda secara visual. Seperti yang kita tahu kaca merupakan salah satu alat yang bisa merefleksikan segala sesuatu yang ada didunia.

Gambar Desain Ruang Keluarga Kecil

desain ruang keluarga kecil

Dengan menempatkan sebuah lemari untuk hiasan, tentunya Anda sudah bisa menghadirkan sebuah ruang keluarga meskipun dipisah dengan sebuah rak. Hal ini tentunay bertujuan untuk menghemat space sehingga dua ruangan dapat ditempatkan di sebuah ruang yang disekat dengan lemari. Maka dari itu, dengan menyimpan sebuah lemari untuk memisahkan satu ruangan dengan ruangan lainnya bisa disebut sebagai ide yang brilliant untuk Anda. Kursi yang dipasang terpisah akan menghadirkan  ruang keluarga yang begitu memikat dan juga tampak lebih luas.

desain ruang keluarga kecil

Membangun sebuah rumah minimalis tentunya diperlukan ketelitian dan keefektifan dalam konstruksi. Jangan sampai Anda membangun sebuah rumah minimalis tetapi tidak mengakomodasi ruangan rumah Anda dengan lengkap. Meskipun memiliki rumah minimalis, pastinya Anda ingin mempunyai semua ruangan rumah dengan lengkap. Begitupula dengan ruang keluarga yang akan Anda rancang.

desain ruang keluarga kecil

Kalaupun tidak memungkinkan, tentunya Anda akan berusaha sebisa mungkin untuk mendapatkannya. Seperti pada desain  ruang keluarga ini, dengan membuat pembatas antar ruangan namun bukan tembok, Anda masih bisa mewujudkan keinginan untuk memiliki  ruang keluarga yang memadai.  Pembatas ruang seperti lemari hiasan, kayu atau kaca dikenal dapat memperluas ukuran  ruang keluarga anda seluruhnya.

Gambar Desain Ruang Keluarga Kecil

desain ruang keluarga kecil

Menghadirkan  ruang keluarga yang menarik dan menawan adalah dambaan setiap orang.  Ruang keluarga yang menarik tentunya hadir dengan oranamen dan juga perlengkapan rumah yang menarik pula. Bagaimana jika Anda hanya mempunyai  sebuah ruang keluarga dengan ukuran 2×3 ini ada di rumah Anda? Tentunya Anda bisa menyediakan space untuk ruang keluarga tepat di dekat dengan jendela sehingga bisa membuat udara masuk ke ruang keluarga Anda.

desain ruang keluarga kecil

Meskipun Anda memiliki  ruang keluarga minimalis, jika Anda pintar dalam mendesainnya, hal ini akan mewujudkan impian Anda memiliki sebuah  ruang keluarga idaman.  Ruang keluarga minimalis tidak berarti Anda hanya menempatkan kursi dan meja saja. Namun Anda juga masih bisa memberikan hiasan untuk mempercantik  ruang keluarga Anda. Dengan menyimpan TV dan juga memasang hiasan gantung sebagai pajangan di salah satu bidang dinding rumah Anda, tentunya ini idea yang sangat cerdas untuk Anda.

desain ruang keluarga kecil

Meskipun Anda menghias  ruang keluarga Anda secantik mungkin, tetapi kehadiran sofa tetap menyandang prioritas utama dalam melengkapi  ruang keluarga Anda. Tanpa sofa, semenarik apapun  ruang keluarga Anda, tetap saja ada hal yang dirasa kurang kehadirannya. Jika tidak memungkinkan untuk menempatkan berbagai perlengkapan dan hiasan, meletakkan sofa tentunya menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi pemilik  ruang keluarga minimalis. Anda sebaiknya memilik kursi sudut dengan ukuran yang kecil yang pas untuk  ruang keluarga Anda. Tempelkanlah lukisan alam atau bunga didinding untuk membuat  ruang keluarga Anda lebih hidup.

Gambar Desain Ruang Keluarga Kecil

desain ruang keluarga kecil

Pemilihan warna cat atau juga ornamen untuk  ruang keluarga harus dilakukan sebaik mungkin. Bagaimanapun juga, warna sangat mempengaruhi nuansa dan atmosper dalam sebuah ruangan. Faktanya, warna yang cerah akan menghasilkan ruangan yang lebih terang dan leluasa, sedangkan warna yang gelap cenderung mempersempit ruangan, terutama rumah minimalis.

Nah, jika Anda berencana untuk membuat  ruang keluarga Anda terlihat lebih besar, pilihlah warna yang cerah dan terang. Warna ini pada dasarnya berlaku pada cat rumah dan ornamen lainnya di  ruang keluarga seperti kabinet, frame, sofa dan ornamen lainnya. Seperti yang terlihat pada gambar,  ruang keluarga jenis ini menghadirkan warna klasik dan elegant untuk membuat  ruang keluarga Anda lebih menarik dan terasa lebih luas. Sedangkan untuk warna sofa lebih memilih warna merah supaya bisa membuar ruangan keluarga tersebut tampak lebih besar. Warna cat yang putih dan beige dapat diandalkan untuk mempercantik dan memperluas  ruang keluarga minimalis yang Anda miliki.

desain ruang keluarga kecil

Tentunya,  ruang keluarga yang Anda miliki harus menghadirkan sesuatu yang menarik bagi anggota keluarga Anda untuk menempati ruang tersebut. Hal ini pastinya akan membuat Anda lebih percaya diri. Dengan adanya hiasan atau perlengkapan  ruang keluarga, ini akan memberikan nuansa yang menawan utuk  ruang keluarga Anda.

Namun, jika  ruang keluarga Anda minimalis, hal ini mejadi sesuatu yang sedikitnya sulit bagi Anda. Alangkah baiknya jika Anda harus memilih perabotan yang dirasa pas sesuai dengan ukuran  ruang keluarga Anda tanpa menghabiskan space untuk menempatkan perlengkapan  ruang keluarga yang lain. Sebuah sofa dengan ukuran yang kecil dan juga tunggal ( Single Seat ) menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Dengan ukuran kursi tersebut, Anda pastinya bisa menempatkan berbagai rak dan juag lemari  dengan penyimpanan yang cukup untuk menaruh buku ataupun majalah favorit Anda.

Tips-Tips Membuat  Desain Ruang Keluarga Kecil

Pada bagian ini kami akan memberikan beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk Anda dalam membuat desain ruang keluarga kecil. Berbagai pertimbangan perlu Anda lakukan agar Anda merasa puas untuk  memiliki  ruang keluarga minimalis tersebut. Maka dari itu, perhatikanlah tips-tips berikut ini:

Pencahayaan

Tips pertama yang harus Anda perhatikan ialah mengenai pencahayaan di ruang keluarga tersebut. Pencahayaan yang memadai juga sangat penting adanya bagi keluarga Anda. Bagaimanapun juga, pencahayaan yang cukup akan membuat  ruang keluarga Anda terlihat lebih luas dibandingkan dengan ruang keluarga yang gelap.  Ruang keluarga yang berukuran  2×3 tentunya dapat dikatakan sebagai ruangan yang cukup sempit. Maka dari itu, jika memang memungkinkan pembuatan jendela dengan ukuran yang cukup besar menjadi pertimbangan yang sangat berharga untuk Anda. Anda tentunya bisa memasang lampu yang terang untuk memberikan cahaya yang cukup terutama dimalam hari.

Pilihlah Perabotan Berukuran Kecil

Bagi Anda yang menginginkan perabotan sesederhana mungkin untuk  ruang keluarga minimalis namun enggan untuk merancangnya sendiri, Anda wajib memilih perabotan yang berbentuk berukuran kecil. Memilih model-model perabotan yang berbentuk ramping yang cocok untuk ditempatkan di  ruang keluarga minimalis dan kecil adalah sebuah keharusan.

Perabotan yang pertama kali Anda lirik tentunya sofa. Tentunya, bentuk sofa  ruang keluarga yang Anda pilih harus berbentuk ramping yang cenderung memanjang. Sofa yang cocok untuk  ruang keluarga minimalis adalah sofa sudut dengan meja yang tidak terlalu besar. Yang kedua adalah rak atau kabinet. Jika memungkinkan, Anda dapat menyimpan rak atau kabinet yang ramping dan bisa ditempatkan disalah satu sudut  ruang keluarga. Rak yang berbentuk ramping dengan penyimpanan yang cukup akan lebih bermanfaat daripada rak berukuran besar, namun menghabiskan space di ruang keluarga Anda.

Pembuatan Perabotan Sendiri

Jika Anda menginginkan  ruang keluarga minimalis terlihat sempurna, pemilihan perabotan rumah pun sangat menentukan. Perabotan yang terlalu besar atau kecil akan membuat  ruang keluarga Anda terkesan tidak cocok. Untuk meminimalisir hal tersebut, Anda dapat memilih perabotan  ruang keluarga Anda dengan membuatnya sendiri.

Bagi beberapa orang, membuat perabotan  ruang keluarga sendiri adalah hal yang sulit dilakukan, untuk itu mereka lebih memilih untuk membeli barang yang sudah jadi dipasaran. Memang, menyusun dan menrancang perabotan rumah tamu dengan desain sendiri terbilang cukup rumit. Namun, hal ini merupakan jalan terbaik bagi Anda yang ingin memiliki  ruang keluarga yang terlihat cocok dan sempurna.  Dengan mendesain perabotan  ruang keluarga Anda sendiri, tentunya Anda dapat menentukan warna dan model yang menarik sesuai kreatifitas Anda.

Sesuaikan Jumlah Perabotan  ruang keluarga

Pada tips terakhir ini, Anda harus membuat rencana yang cukup matang dalm menyimpan jumlah perabotan di  ruang keluarga. Jangan sampai Anda menempatkan perabotan dalam jumlah banyak yang nantinya malah membuat  ruang keluarga Anda terlihat lebih sempit. Buatlah list penempatan perabotan dari yang paling penting sampai ke yang tidak penting sama sekali. Pada umumnya,  ruang keluarga kecil cukup diisi dengan tiga kursi/ kursi sudut, meja kecil dan rak kecil untuk menyimpan hiasan. Namun, jika memungkinkan Anda dapat pula memasang TV dinding (wall-mounted TV) agar lebih hidup.

Pemilihan Tema yang Tepat

Tema tentunya sangat berperan penting dalam mendesain ruangan didalam rumah. Untuk menghasilkan desain  ruang keluarga yang cantik dan menarik, pemilihan tema yang cocok sangat menentukan hasil yang Anda idamkan.  Ruang keluarga minimalis membutuhkan tema yang simple dan tidak terkesan terlalu rumit yang pada akhirnya malah terkesan  ruang keluarga Anda begitu sempit.

Tema yang bisa Anda gunakan dalam mendesain  ruang keluarga minimalis tentunya pemilihan warna yang cerah, wallpaper dengan warna yang vivid, hiasan  ruang keluarga berukuran kecil, dan ornamen menarik lainnya. Kalau perlu, pasanglah kaca dinding pada salah satu sudut ruangan agar ruangan terlihat lebih luas.

Desain ruang keluarga kecil yang kami paparkan diatas tidak lain adalah untuk memberikan referensi dan solusi bagi Anda yang memiliki  ruang keluarga minimalis agar terlihat lebih sempurna dengan ukuran yang terbatas. Untuk itu, Anda dapat memberikan ruang yang lebih leluasa untuk keluarga Anda ataupun tamu yang datang kerumah Anda. Pastikan mereka merasakan kenyamanan yang tidak terhingga saat berada di  ruang keluarga Anda. Semoga informasi yang kami berikan menginspirasi dan bermanfaat bagi Anda.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *