8 Tips Menata Kamar Tidur Anak Agar Terlihat Rapi

tips menata kamar tidur anak

Tips Menata Kamar Tidur Anak – Kamar tidur anak memang seperti ruangan lainnya di dalam rumah dimana harus ditata sebaik mungkin agar senantiasa selalu rapi. Hal ini dikarenakan kenyamanan kamar tidur memang menjadi sesuatu yang penting bagi Anda. Berikut ini kami sajikan tips menata kamar tidur anak yang paling tepat bagi Anda!

Bagaimanapun juga, anak berhak untuk memperoleh tempat tidur yang sebaik dan juga senyaman mungkin. Kamar tidur yang baik dan juga nyaman tentunya diperoleh dari bagaimana penataan pada kamar tidur tersebut. Dalam hal ini desain interior kamar tidur memang dibutuhkan dalam hal yang satu ini. Dalam menata kamar tidur anak tentunya Anda diharuskan untuk mempersiapkan dan juga mempertimbangkan terlebih dahulu dalam menata kamar tidur anak.

Jika pada sebelumnya kamar tidur anak tidak dijadikan sebagai prioritas utama yang harus di tata dengan sebaik mungkin. Namun untuk saat ini, hal ini bukanlah menjadi sesuatu yang tidak boleh Anda lewatkan. Tentu dalam menata kamar tidur anak berhubungan dengan kenyamanan dan juga ketenangan anak saat berada di dalam kamar. Jika sebelumnya, Anda tidak membuat fasilitas-fasilitas yang mendukung aktivitas si kecil, maka inilah saatnya memikirkan bagaimana menata ruang kamar agar fasilitas yang dibutuhkan anak dapat terakomodasi dengan baik. Baca juga: 20+ Desain Taman Kecil Untuk Lahan Sempit Di Halaman Rumah Anda

Tips Menata Kamar Tidur Anak

tips menata kamar tidur anak

Dalam menata kamar tidur anak, tentunya banyak sekali perlengkapan yang harus Anda terima. Hal ini dikarenakan dalam menata kamar tidur anak tidak semudah yang kita bayangkan. Anda tetap harus mempertimbangkan sematang mungkin sebelum Anda memutuskan untuk menata kamar tidur si kecil. Jika Anda mempertimbangkannya dengan matang, maka Anda akan menghindari akan hal-hal yang kurang diinginkan agar tidak terjadi.

Jangan heran jika Anda berencana untuk menata kamar anak, maka si kecil akan merasa bahagia. Karena ia akan mendapatkan kamar tidur yang sesuai dengan keinginannya. Meskipun dikatakan tidak mudah, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk melakukan beberapa tips menata kamar tidur anak yang akan kami sajikan di bawah ini!

Lihat juga: 12 Desain Home Theater Minimalis Untuk Diaplikasikan Di Rumah Anda

Gunakan Pencahayaan Yang Tepat

Sudah bukan rahasia umum lagi jika pencahayaan menjadi faktor yang cukup penting dalam menata kamar tidur anak. Bagaimanapun juga, pencahayaan memang cukup untuk membuat kamar tidur si kecil tampak lebih terang. Saat ini bukan jaman lagi menggunakan lampu yang digantung di atas, namun lebih kepada lampu sorot yang dapat Anda gunakan untuk menerangi di setiap sudut ruangan di kamar tidur Anda. Dalam hal ini pencahayaan lampu memang cukup tepat dan juga sangat penting bagi kamar tidur si kecil. Selain itu, pencahayaan yang cukup akan membuat kamar tidur si kecil menjadi lebih terang.

Pilihlah Satu Warna

Mungkin tidak semua anak menyukai warna warni pada satu ruangan. Namun, tidak sedikit juga anak yang lebih memilih satu warna dibandingkan dengan warna-warni. Begitupula untuk kamar tidur si kecil dimana Anda dapat memillih satu warna yang cocok untuk si kecil. Jika Anda ingin memunculkan kesan yang minimalis, tentunya Anda bisa menggunakan salah satu warna saja agar kamar tidur Anda terlihat lebih simpel dan juga tenang.

Dalam hal ini warna yang tenang tentu dapat dipilih menjadi warna dasar saat menata kamar tidur anak. Jika Anda sudah menemukan warna dasar yang tenang, saatnya Anda menggabungkan dengan warna yang lebih gelap seperti warna cokelat. Alangkah baiknya jika warna tambahan ini Anda samakan dengan warna selimut ataupun bantal. Ini tentunya akan memberikan kesan yang natural untuk kamar tidur Anda.

Manfaatkan Setiap Sisi Kamar Tidur

tips menata kamar tidur anak

Bagi Anda yang memiliki ruang kamar yang luas, tentunya Anda bisa memanfaatkan setiap sisi dari kamar tidur si kecil. Hal ini bertujuan untuk menata ruangan agar lebih rapi. Seperti misalnya Anda dapat menyimpan lemari, meja belajar dan juga kabinet pada salah satu sisi dan disejajarkan. Sedangkan pada sisi yang lain Anda dapat menyimpan tempat tidur. Perlu Anda ketahui bahwa tata letak kamar tidur si kecil hanya bisa dilakukan jika memang ruangan tersebut memiliki ruangan dengan ukuran yang lebih. Dalam artian jika ruangan Anda sempit, maka akan lebih baik untuk menata perabotan sebaik mungkin.

Pasang Kabinet Gantung

Dalam hal ini kabinet gantung tentunya bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai mainan si kecil. Mainan si kecil yang berukuran kecil tentunya bisa disimpan di dalan kabinet menggantung ini. Anda tentunya dapat memanfaatkan keranjang yang dapat digantung ataupun disimpan pada kabinet tertutup agar kamar tidur si kecil terlihat lebih rapi. Selain itu, Anda juga bisa melengkapi kamar tidur Anda dengan lampu gantung berwarna-warni untuk memberikan kesan dan juga tampilan yang cerah dan juga terang.

Pasang Rak Dinding Di Atas Tempat Tidur

Bagi Anda yang memiliki ruangan yang cukup sempit, tentunya Anda dapat memanfaatkan atas tempat tidur untuk memasang rak dinding. Cara yang bisa Anda lakukan tentunya cukup mudah, hanya dengan menata kamar tidur menjadi lebih rapi. Selain itu, Anda bisa menggunakan satu sisi kamar untuk menyimpan ranjang pada bagian bawah. Sedangkan pada bagian atas tempat tidur, Anda dapat memasang sebuah rak buku ataupun hiasan-hiasan lainnya.

Di samping tempat tidur, tentunya Anda bisa memanfaatkan space untuk menyimpan meja belajar. Menyediakan space yang cukup untuk menyimpan meja belajar memang menjadi satu hal yang harus Anda lakukan. Bagaimanapun juga, si kecil harus memiliki tempat yang nyaman untuk belajar. Sedangkan pada sisi ruang tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menyimpan lemari pakaian dengan ukuran yang minimalis.

Tambahkan Tanaman Hijau

tips menata kamar tidur anak

Tidak dapat dipungkiri bahwa kamar tidur yang nyaman bagi orang dewasa juga akan nyaman bagi anak kecil. Hal ini yakni dengan menghadirkan tanaman hijau yang bisa memberikan efek segar pada ruangan Anda. Dalam hal ini, tanaman hijau tentunya harus memberikan efek yang lebih hidup untuk kamar Anda.

Bagaimanapun juga, tanaman hijau yang disimpan di kamar akan memberikan nuansa segar dan sejuk bagi kamar tidur Anda. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan tanaman hijau yang berukuran kecil untuk menjadi hiasan di dalam kamar tidur si kecil. Menambahkan beberapa tanaman di dalam pot seperti kaktus tentu menjadi pilihan yang paling tepat bagi Anda.

Kombinasikan Kamar Dengan Dua Warna

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan mengkombinasikan dua warna. Anda tentunya harus memilih dua warna yang dapat dipadankan satu sama lain. Jika si kecil menyukai warna-warna dasar seperti hitam dan juga putih. Kenapa tidak untuk menggabungkan kedua warna ini di dalam satu ruangan kamar. Dalam hal ini tentunya desain kamar tidur menjadi lebih rapi dan juga menarik untuk dilihat. Jika kebetulan kamar tidur si kecil terdiri dari dua orang kakak beradik. Maka, alangkah baiknya jika Anda memanfaatkan kabinet untuk dijadikan sebagai pembatas untuk memajang barang-barang atau foto-foto kesayangan si kecil. Selain itu, Anda juga mengkombinasikan warna dasar lain seperti biru dan juga pink untuk kamar anak perempuan.

Kreasikan Lukisan Dinding

tips menata kamar tidur anak

Jika si kecil lebih menyukai hal-hal yang berbau seni, mengapa tidak untuk memajang sebuah wall mural untuk melukis dan juga menggambar apa yang diinginkan oleh si kecil. Tentunya, Anda dapat memberikan kesempatan kepada si kecil untuk mengeksplor kemampuannya dalam bidang seni rupa. Memasang wall mural ini tentunya bisa Anda pasang jika memang si kecil memiliki minat yang cukup tinggi dalam bidang seni lukis. Hal ini bertujuan untuk menstimulasi kreativitas  si kecil untuk memunculkan ide-ide baru mengenai akan gambar dan juga apapun yang mereka ingin curahkan.

Gunakan Bunk Bed

Mungkin banyak orang yang mengetahui akan istilah yang satu ini. Namun, bunk bed di sini memiliki arti sebuah tempat tidur dengan sebuah ranjang yang disusun secara vertikal. Bunk bed di sini lebih cenderung kepada istilah untuk mengartikan tempat tidur susun. Dengan menggunakan tempat tidur bunk bed ini tentunya Anda dapat memanfaatkan space lain di kamar tidur Anda. Tips ini tentunya bertujuan untuk menghemat ruangan yang ada di dalam kamar tidur si kecil. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan dekorasi minimalis seperti karpet berwarna kalem dan juga hiasan dinding lainnya. Anda juga dapat menyesuaikan warna tempat tidur dengan warna perabotan lainnya agar terlihat lebih senada.

Buat Lemari Di Bawah Kasur

Jika Anda menyiapkan tempat tidur untuk si kecil dengan menggunakan bunk bed. Tentunya, Anda bisa memanfaatkan space pada bagian bawah untuk digunakan sebagai lemari pakaian. Untuk kamar tidur minimalis anak Anda tentunya Anda dapat memanfaatkan setiap ruangan untuk bisa digunakan sebagaimana mestinya. Begitupula dengan memanfaatkan space di bawah tempat tidur bunk bed untuk digunakan sebagai lemari. Tidak hanya itu, lemari di sini bisa juga digunakan sebagai tempat untuk menyimpan perlengkapan anak-anak ataupun mainan anak-anak.

Pilih Aksesoris Kesukaan Si Kecil

Kamar untuk si kecil tentunya tidak lengkap jika tidak terdapat beberapa aksesoris yang disukai oleh si kecil. Aksesoris di sini bisa berupa hobi dan juga kartun kesukaan si kecil seperti misalnya sepak bola, karakter tokoh kartun, barbie ataupun princess. Menyisipkan beberapa aksesoris untuk disimpan di kamar tidur si kecil tentunya menjadi sesuatu yang cukup penting bagi Anda. Tidak ada salahnya jika Anda mendekorasi kamar si kecil dengan warna-warna yang cerah ceria sesuai dengan aksesoris yang disukai oleh si kecil. Untuk itu, wujudkanlah kamar impian si kecil dengan aksesoris yang disukai oleh si kecil.

Buatlah Tembok Yang Menjorok Ke Dalam

Selain dengan memanfaatkan space yang tersedia di dalam ruangan si kecil. Tentunya, Anda bisa membuat tembok di kamar tidur si kecil dengan bentuk yang lebih menjorok ke dalam. Cara ini cukup mudah untuk Anda lakukan yakni cukup menyediakan space tertentu di dalam kamar yang dibentuk lebih menjorok ke dalam. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memasukkan beberapa perlengkapan si kecil agar terlihat lebih rapi dibandingkan dengan memakai lemari, rak dan juga kabinet.

Tambahkan Glow In The Dark

tips menata kamar tidur anak

Aksesoris yang satu ini pastinya disukai oleh di kecil dimana saat malah hari dan lampu dimatikan terdapat beberapa pemandangan yang luar biasa. Saat malam hari tentunya Anda dapat melihat berbagai binatang-binatang di langit-langit kamar anak. Tentu saja Anda dapat menempel glow in the dark yang berbentuk bintang, bulan ataupun hewan. Selain dapat memberikan kondisi kamar yang terang, tentu kamar tidur anak minimalis ini terlihat menarik dengan berbagai bentuk-bentuk glow in the dark. Anda dapat menempelkan bentuk bintang dan bulan pada plafon kamar tidur anak. Sedangkan bentuk hewan bisa Anda tempelkan di dinding kamar tidur anak Anda.

Tatalah Kamar Anak Anda Dengan to-do-list

Seorang anak tentunya akan lebih tertarik dengan hal-hal yang berwarna. Tentu saja Anda bisa memasang sebuah papan dan juga poster untuk menempelkan beberapa sticky note yang berisi tentangh hal-hal yang harus anak lakukan mulai dari jadwal belajar, mengerjakan pekerjaan rumah dan juga emoticon yang dapat membangkitkan semangat si kecil. Tidak hanya bermanfaat untuk mendisiplinkan anak, namun juga dapat membuat kamar tidur anak sedikit lebih bervariasi.

Pasanglah Gantungan Di Belakang Pintu

Tentu saja Anda dapat memanfaatkan belakang pintu untuk menggantung beberapa pakaian anak-anak. Tentu saja, hal ini bertujuan agar kamar tidur si kecil menjadi lebih rapi agar tidak terdapat pakaian-pakaian yang menumpuk di atas kasur. Tidak hanya itu, belakang pintu juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menggantung tas dan juga peralatan yang dibutuhkan oleh si kecil. Terkadang meskipun terdapat beberapa space untuk menggantung pakaian, si kecil kerap menyimpan di mana saja. Maka, saat kita memberikan space untuk menggantung pakaian anak, tentu anak akan belajar merapikan pakaian dan peralatannya sendiri.

Hindari Kamar Tidur Yang Tematik

Pada umumnya, kamar tidur anak didekorasi dengan tema-tema khusus. Tentu saja untuk kamar tidur anak perempuan didekorasi dengan memakai barang-barang berwarna pink dengan dekorasi khas negeri dongeng. Sedangkan untuk anak laki-laki, Anda dapat mendekorasi kamar berwarna biru. Bagi kamar yang digunakan oleh dua orang, tentu Anda dapat menerapkan tema yang dipenuhi oleh aksen dan juga ornamen di dalamnya.

Sediakan Space Untuk Bermain

tips menata kamar tidur anak

Untuk kamar anak tentunya Anda bisa menyediakan space untuk bermain. Bagi Anda yang memiliki ukuran kamar tidur yang cukup besar tentunya Anda bisa menyediakan space sebagai tempat bermain anak. Tempat yang Anda gunakan tentunya tidak harus besar, namun dengan ukuran 1mx1m juga bisa Anda manfaatkan untuk ruang bermain anak. Anda tentunya dapat mendekorasi tempat bermain anak sebaik mungkin agar si kecil merasa nyaman untuk bermain di sana.

Sediakan Ruang Personal

Jika Anda memiliki dua orang anak yang seusia, tentu alangkah lebih baik jika memiliki kamar yang disatukan. Hal ini untuk menghemat ruangan kamar tidur si kecil. Namun, dengan menyatukan satu kamar untuk dua orang, tentu Anda harus tetap memberikan privasi bagi kedua anak. Maka dari itu, buatlah ruangan penyekat sebagai suatu tanda bahwa area tersebut milik si masing-masing orang. Berikanlah semacam pemisah dengan sekat ruangan. Anda tentunya dapat membedakannya dengan warna cat atau peralatan yang ada di dalamnya.

Bagi orang tua tentu sangat penting dalam mendekorasi kamar si kecil. Maka dari itu, ikutilah beberapa langkah yang sudah kami sebutkan di atas saat menata kamar tidur si kecil. Demikianlah beberapa tips menata kamar tidur anak yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!

 

Artikel Terkait

Nina

Nina

Author at Polarumah.com
Penulis merupakan salah satu lulusan terbaik tahun 2014 dari Sekolah Tinggi Bahasa Asing Sebelas April Sumedang dengan Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris. Pernah bekerja sebagai pengajar di Green House Learning Center & LKP Prestatif. Sangat tertarik di dunia menulis, salah satunya di bidang desain dan DIY rumah, yang awalnya iseng-iseng dibagikan di media sosial. Ibu rumah tangga ini sangat gemar mendekorasi rumahnya dengan karya-karya desain interior pribdinya (DIY).
Nina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *